Payung Membrane

Apa sih payung membrane? banyak sekali kita mendengar pertanyaan seperti itu sekarang. Tetangga saya pulang pergi haji cerita payung yang megah di sekitaran masjid Madinah. Opa saya pulang dari aceh cerita bahwa di plaza Masjid Baitturahman dibangun payung payung raksasa yang indah bagaikan bunga-bunga jeumpa nan cantik sedang mekar.

Payung yang ada di masjid Nabawi kalau kita lihat secara seksama bukan merupakan payung biasa yang sederhana. jika kita telisik dari alasan pembuatannya kita akan mengerti betapa rumit dan panjangnya proses yang dilakoni untuk menciptakan payung-payung raksasa nan indah menawan tersebut.

payung membrane masjid nabawi
payung raksasa di sekitaran masjid Nabawi kota Madinah sumber : http://id.wikipedia.org/

Baik akan kita bahas tentang membrane canopy yang berbentuk payung tersebut. Pembuatan payung-payung tersebut diprakarsai oleh Raja Arab Saudi pada masa pemerintahan Raja Abdullah bin Abdulaziz. Beliau merasa perlu membuat sesuatu barang yang bisa menjadi peneduh para jamaah yang mengunjungi Masjid Nabawi terutama saat Ramadhan tiba.

payung raksasa Qadhafi Islamic Center – Sentul Jawa barat

Seperti yang kita ketahui dari kabar para jamaah haji asal tanah air yang menyebutkan bahwa cuaca Yasrib atau Madinah yang masya allah bisa berubah rubah dengan cepat dan tidak terkendali. terkadang panas, salju, dan perubahan cuaca yang sangat membuat orang yang tidak sabar mengeluh. Dengan dibuatnya atap peneduh di area pelataran masjid akan dapat sangat bermanfaat untuk para jamaah, akan tetapi jika Canopy peneduh tersebut dibuat permanen, hal ini akan mengurangai syiar ketika dilaksanakannya Hari Raya umat islam yang agung seperti Idul Fitri dan Idul Qurban atau Idul Adha.

Ide cemerlang muncul dari Seorang arsitek Jerman berdarah Arab yaitu Prof. Mahmoud Bodo Rasch, beliau menginisiasi untuk membuat sebuah penutup atap yang dapat mengakomodir kepentingan syiar dan fungsi sebagai penutup yang menjadi tantangan saat itu, yaitu dengan membangun payung-payung raksasa di depan Masjid Nabawi yang sewaktu waktu bisa dibuka atau ditutup sesuai keperluan.

Demikianlah latar belakang pembuatan payung raksasa di halaman Masjid Nabawi yang sangat indah dan megah berdiri kokoh sampai sekarang. Diawali dari kota kelahiran Rasulullah Muhammad Shalalahu Alaihi Wassalam ini bertebaran lah di seluruh benua pembuatan payung-payung raksasa yang difungsikan hampir sama dengan kota Madinah, termasuk di negeri kita tercinta Indonesia payung-payung raksasa mulai dibangun dari sabang sampai merauke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *