Seiring dengan perkembangan jaman maka perkembangan arsitektur semakin pesat dan kian maju. Termasuk Fasad yang merupakan bagian dari inovasi arsitektur juga mengalamai perkembangan yang pesat. Jika di tahun 90an fasad sebuah gedung biasanya diisi oleh dekorasi besi ringan, tanaman rambat, dan sejenisnya. Kini fasad tensile membrane sudah banyak diaplikasikan sebagai teknologi fasad kulit bangunan yang memiliki keunggulan tersendiri.

Facade Translucent membrane
Salah satu aplikasi Fasad untuk Gedung Perkantoran dari bahan translucent membrane

Selain bobot bahan tensile membrane yang ringan karena terbuat dari bahan yang tipis. sifat fleksibel dari bahan membrane itu sendiri menjadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki bahan lain. Karena fleksibel maka fasad dari bahan membrane bisa dibuat dengan aneka ragam bentuk variasi.

Di Indonesia mungkin masih bisa terhitung dengan kasat mata aplikasi fasad atau kulit bangunan dari bahan membrane. Tapi di Erofa dan Amerika facade membrane seperti ini menjadi trend yang sangat positif. Sehingga banyak sekali bangunan-bangunan komersial yang mengaplikasikan facade atau fasad membrane pada bangunan mereka.

Fasad PVC Mesh Fabric



Aplikasi fasad dari bahan PVC Mesh Fabrics

Bahan membrane yang sering digunakan sebagai fasad pada umumnya terbuat dari kain polyester berlapis pvc. Ada dua jenis kain pvc membrane yang sering diaplikasikan untuk fasad. Ada type translucent membrane yang dapat meneruskan pendaran cahaya tetapi tidak bisa menerawang ke sisi lain. Satu lagi yaitu kain pvc membrane tipe perforated membrane atau membrane mesh. Tipe Perforated membrane ini kelebihannya yaitu dapat meminimalisir efek aerodinamika pada angin yang bekerja terhadap bangunan utama. karena permukaannya yang memiliki lubang berpori yang dapat memecah terpaan angin.

Yang lebih terkenal dan mungkin bisa dibilang pelopor dalam Perforated Membrane ini adalah perusahaan Manufactur kain dari Francis yaitu Serge Ferrari. Dengan mengusung teknologi Precontrain Fabric dan recycleable nya Perusahaan ini sangat konsen ke dalam pengembangan perforated membrane untuk fasad. Brand andalan untuk produk ini adalah SOLTIS yang terdiri dari beberapa jenis. Glen Raven juga menjadi rival utama senegaranya.

Ateja Grace Textindo perusahaan raksasa Textil asal Bandung pun tak mau tertinggal dengan brand Sling Sunproof nya ikut meramaikan persaingan Fasad tensile membrane di Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *