Sebuah tensile membrane atau tenda membrane yang terlihat indah, dinamis, kokoh sebetulnya memiliki kerumitan tersendiri dalam pembuatannya. Proses Fabrikasi Tensile Membrane cukup panjang dan menguras tenaga dan pikiran ekstra.

tenda membrane lebridge ancol
Sebuah Tensile Structures milik sebuah Restoran di Ancol Jakarta Utara

diperlukan sumberdaya dan waktu yang tidak sedikit untuk membuat sebuah produksi tenda membrane atau tensile membrane yang baik dan benar. Hal ini untuk mengabarkan bahwa tensile membrane atau tenda membrane bukan hanya sebuah tenda tapi sebagai sebuah karya seni.

Pembuatan sebuah tenda membrane atau tensile membrane diawali dari proses form finding. proses ini merupakan prinsip dasar pencarian bentunk tenda membrane. hal ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan sistem tegangan dan tarikan pada permukaan bahan membrane. dahulu sebelum era digital para ilmuwan pelopor tensile membrane melakukan form finding melalui sistem mokup. dengan membuat model yang bisa dieskalasi ke dalam bentuk real.

formfinding tensile membrane
Formfinding menggunakan Rhino3d sumber dan properti milik http://www.tensilestructureseducation.org /

Jaman terus berkembang kini proses manual sedikit mengalami transformasi ke dunia digitasi. semakin banyak pakar bidang ini mencari solusi cepat untuk proses formfinding. lahirlah aplikasi aplikasi bantu formfinding digital yang dapat mempercepat cara kerja para ahli teknik dan arsitek yang melibatkan diri dalam pembuatan sebuah tensile membrane atau tenda membrane.

Jangan lewatkan juga tentang :

Banyak sekali jenis aplikasi digital bantu bagi para perancang teknik dan arsitek tensile membrane atau tenda membrane seperti EasySoftware, NDN, IxCube41, Wintess, Winfabric, K3tent, Meliar Mpanel untuk deretan aplikasi-aplikasi premium yang diperlukan merogoh saku agak dalam untuk dapat merasakan semua kelebihannya. nanti akan kita bahas secara mendetail tiap proses pada tulisan-tulisan berikutnya.

patterning tensile membrane gambar dan sumber https://link.springer.com/

Setelah proses formfinding berlanjut ke tahap patterning. patterning atau pemolaan diperlukan dengan beberapa alasan antara lain Bentuk hasil formfinding yang beragam dan pada umumnya berbentuk multi dimensi tidak dapat dipecah ke dalam lembaran-lembaran dua dimensi dari bahan membrane jika proses ini tidak dilalui. kedua karena keterbatasan ukuran lebar dan panjang dari produk tensile membrane sehingga dirasa perlu memecah bentuk tenda membrane hasil formfinding dengan cara patterning.

seaming tensile membrane
salah satu teknik metode penyambungan tensile membrane dengan metode pemanasan

Untuk Proses terakhir dari fabrikasi tensile membrane atau tenda membrane yaitu Seaming atau penyambungan dari pola pola potongan dari hasil patterning ke dalam bentuk tensile membrane utuh siap pasang. penyambungan ini berbagai macam metode dengan cara pemanasan, pengelasan fusi, penjahitan atau sewwing, dan sistem pengeleman atau glueing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *